Yuk Jaga Dirimu dari Kanker Serviks

tips kesehatanKanker serviks disebabkan oleh virus HPV. Virus ini menyebar akibat adanya infeksi pada kelamin yang disebabkan akibat dari hubungan seksual. Tetapi bukan berarti untuk yang belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terbebas dari penyakit ini. Untuk pencegahan sejak dini, Anda dapat melakukan test and screening serviks. Saat ini penyakit kanker serviks merupakan penyebab kanker dengan urutan pertama yang paling berbahaya dan banyak diderita oleh perempuan di dunia. Kanker serviks sulit dideteksi, kebanyakan penyakit ini diketahui setelah adanya tumor dengan stadium lanjut. Sebenarnya kanker serviks dapat dicegah, berikut akan dijelaskan untuk mencegah kanker serviks.

Langkah Mencegah Kanker Serviks

Anda dapat melakukan tes pap smear untuk mendeteksi kanker serviks. Tes pap smear adalah tindakan medis untuk pemeriksaan leher rahim sampai dengan panggul rahim. Tes ini dilakukan untuk menghindari penyebaran dan juga mencegah kanker menjalar ke bagian tubuh lainnya. Anda dapat melakukan tes ini sejak berusia 21 tahun. Anda dapat melakukan tes pap smear per tiga tahun sekali. Jika masih berusia 21 sampai 29 tahun, uji HPV tidak boleh dipakai untuk skrining. Uji HPV boleh dipakai untuk skrining jika untuk pemeriksaan tahap tes pap smear abnormal. Sedangkan pada wanita berusia 30 hingga 65 tahun harus melakukan test HPV dan pap smear setiap lima tahun.

Sebagai pencegahan kanker serviks Anda juga dapat melakukan vaksinasi. Vaksinasi ini dapat dilakukan karena penyakit kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus HPV tipe 16 dan 18 sebanyak  70-80%. Akan tetapi vaksin HPV ini mempunyai efek samping yaitu dapat menyebabkan demam ringan, nyeri pada bagian bekas suntikan, sedikit gatal-gatal dan bisa terjadi kemerahan atau bengkak pada area bekas suntikan. Kemudian untuk pencegahan kanker serviks berikutnya adalah dengan berhenti atau menghindari asap rokok. Rokok dapat menyebabkan penyakit berbahaya termasuk kanker serviks. Pola hidup sehat juga harus menjadi pilihan Anda jika menginginkan untuk bebas dari masalah kanker serviks. Sekian pembahasan mengenai pencegahan untuk kanker serviks, semoga bermanfaat.

Related posts: