Tips Perikanan Membudidayakan Ikan Mujair

cipanasfarmMasyarakat yang gemar mengonsumsi ikan itu sangat banyak. Salah satu ikan yang menjadi favorit masyarakat itu adalah ikan mujair. Untuk itu, sekarang banyak sekali masyarakat yang berusaha untuk mengetahui tips perikanan membudidayakan ikan mujair agar bisa meraup keuntungan. Jangan berpikir jika berbudidaya mujair itu adalah hal yang sulit dilakukan. Pasalnya ikan mujair justru memiliki pertumbuhan yang prosesnya sangat cepat. Dengan demikian, akan sangat bagus jika dijadikan usaha. Sebelum lanjut ke beberapa tips budidayanya, kami beritahukan bahwa Anda harus mempersiapkan lokasi yang tepat. Pasalnya mujair itu hanya bisa hidup dan berkembang dengan baik di suhu air 20 sampai 25 derajat Celsius.

Tips Perikanan Sukses Budidaya Mujair

Pada tips perikanan budidaya mujair yang pertama, Anda harus mempersiapkan media untuk pemeliharaannya dahulu. Hal yang harus Anda lakukan itu adalah, mengeringkan kolamnya selama beberapa hari. Jika sudah maka Anda harus melakukan pengapuran agar hama serta ikan-ikan liarnya itu hilang. Tidak lupa pula untuk memberikan pupuk buatan seperti urea dengan dosis masing-masing 50-700 gr/m2. Tips kedua, lakukan lah pemupukan. Mungkin Anda berpikir bahwa pemupukan itu dilakukan untuk tanaman. Padahal pemupukan pun dibutuhkan agar kolam bisa memiliki produktivitas yang tinggi. Tips ketiga, Anda harus mempersiapkan pakan untuk proses pembesaran.

Berilah pakan berupa pellet dengan protein sebanyak 20 hingga 30%, pakan harus diberikan 2x dalam sehari. Namun jika sewaktu-waktu Anda tidak punya pelet untuk diberikan maka jangan bingung, karena sebenarnya sisa-sisa sayuran ataupun makanan yang ada di dapur rumah pun bisa dijadikan pakan. Tips berikutnya, jauhkan kolam mujair dari hama. Beberapa contoh hama yang harus dijauhkan itu seperti ucrit, kodok, burung dan juga ular. Tips terakhir dari cipanasfarm.com yaitu, Anda pun harus menjauhkan ikan mujair dari berbagai macam penyakit yang bisa membuat kondisi tubuh memburuk. Ada beberapa macam hal yang dapat Anda lakukan agar mujair tidak sampai terkena penyakit, salah satunya itu melakukan pengeringan dasar kolam dengan teratur.

Related posts: