Tips Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

ac mobil tidak dinginApakah Anda adalah salah satu orang yang mengalami masalah AC mobil tidak dingin pada siang hari? Masalah AC mobil yang tidak dingin pada siang hari memang sangat sering dialami oleh masyarakat. Padahal, fungsi AC mobil pada siang hari sangat penting yaitu memberikan suasana sejuk pada semua penumpang mobil dari teriknya sinar matahari. Oleh karena itu, masalah ini harus segera diatasi agar tidak mengganggu kenyamanan selama perjalanan pada siang hari. salah satu penyebab utama AC mobil yang kurang dingin pada siang hari adalah karena putaran fan radiator yang kurang kencang. Hal ini tentu saja menyebabkan proses pembuangan panas oleh sistem kondensor AC menjadi kurang maksimal. Akibatnya, sistem mesin AC akan mengalami tekanan dan temperatur yang berlebihan atau disebut dengan kondisi overheat.

Bagaimana Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin Karena Masalah Pada Fan Radiator ?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa masalah AC mobil tidak dingin dapat disebabkan karena fan radiator yang berputar kurang kencang. Jika masalah ini berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama, maka dapat menyebabkan gas freon keluar melalui seal pada sambungan-sambungan pipa secara sedikit demi sedikit dan mengakibatkan gas freon menjadi cepat habis. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Cara paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti fan radiator dengan yang baru sehingga bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, fan radiator yang telah rusak tersebut sebenarnya juga bisa diperbaiki. Setelah memperbaiki sistem fan radiator, jangan lupa untuk menambahkan isi gas freon yang telah berkurang tersebut.

Selain disebabkan karena fan radiator yang berputar kurang kencang dan freon yang berkurang dengan cepat, penyebab lain dari masalah AC mobil tidak dingin pada siang hari adalah permukaan evaporator yang sangat kotor dan dipenuhi oleh debu. Jika hal ini terjadi, tentu saja Anda harus membersihkan dan mengganti filter kabin yang terletak pada rumah evaporator. Jika filter kabin sudah dibersihkan namun hembusan angin masih kurang kencang, maka sebaiknya segera bersihkan permukaan evaporator. Demikian informasi mengenai cara mudah mengatasi AC mobil yang kurang dingin.

Related posts: