Pengaruh Dari Studi Kelayakan Rumah Sakit

studi kelayakan rumah sakitStudi kelayakan atau yang biasa dikenal dengan feasibility study merupakan sebuah hasil analisa dari suatu bidang pekerjaan. Dalam pembangunan sebuah rumah sakit contohnya, Studi kelayakan rumah sakit mutlak hukumnya untuk dilakukan. Alasan mengapa hal ini perlu untuk dilakukan adalah agar Anda mengetahui bagaimana kualifikasi pendirian rumah sakit yang baik. Baik dalam hal fasilitas di dalam rumah sakit, fasilitas dalam pelayanan kesehatan, peralatan kedokteran yang digunakan dalam pengobatan, hingga urusan mengenai kefarmasian, yang tidak lain adalah demi terpenuhinya kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara luas dan demi reputasi rumah sakit itu sendiri apakah sudah memenuhi standarisasi pendirian rumah sakit atau belum.

Apakah Studi Kelayakan Rumah Sakit Mempunyai Pengaruh Dalam Pendirian Rumah Sakit?

Dari pertanyaan tersebut tentu Anda sudah mengetahui jawabannya bahwa benar hal tersebut memiliki pengaruh besar dalam segala aspek pada pendirian sebuah rumah sakit. Hal yang perlu dilakukan pada saat melakukan studi kelayakan rumah sakit ialah bahwa Anda harus mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan standarisasi pembangunan rumah sakit. Baik itu mencakup aspek internal maupun eksternal. Internal disini merupakan aspek yang berada di dalam pengelolaan rumah sakit itu sendiri. Sedangkan aspek eksternal itu meliputi hal-hal diluar lingkungan rumah sakit namun tetap berhubungan erat dengan proses pembangunan seperti contohnya demografi dari lingkungan rumah sakit tersebut. Di dalam Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit pun telah memuat aturan-aturan yang harus dilaksanakan pada pengelolaan rumah sakit yang ditujukan demi kenyamanan masyarakat sehingga meminimalisir adanya kesalahan atau kekurangan dalam pelayanan kesehatan.

Dengan demikian maka benar adanya bahwa studi kelayakan yang dilakukan sebelum Anda membangun sebuah rumah sakit ialah mutlak dilakukan karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada pengelolaan dari rumah sakit itu sendiri. Tentunya Anda menginginkan hal yang baik terjadi dalam pelayanan kesehatan agar masyarakat merasa puas dengan pelayanan dalam rumah sakit. Maka dari itu studi kelayakan rumah sakit merupakan hal yang harus dilakukan secara teliti agar mampu membantu dalam perkembangan pengelolaan pelayanan dan fasilitas kesehatan.

Related posts: