Pelapis Karung Kertas Food Grade

Karung Kertas MakananKetika seseorang akan membeli sebuah produk makanan, kemasan adalah salah satu daya tarik yang menjadi alasan banyak orang untuk memilih produk tersebut. Kebanyakan produk makanan saat ini dikemas dengan menggunakan plastik. Penggunaan plastik tersebut mampu menyumbang sampah plastik yang banyak. Padahal, plastik merupakan salah satu masalah serius yang sedang kita hadapi saat ini. Plastik merupakan material yang sulit untuk didegradasi. Butuh waktu ratusan sampai jutaan tahun untuk mendegradasi plastik. Hal ini membuat banyak industri yang beralih dengan menggunakan karung kertas food grade sebagai gantinya. Karung kertas dapat dianggap lebih aman serta lebih ramah lingkungan untuk digunakan.

Mengenal Pelapis Karung Kertas Food Grade

Karung kertas food grade memiliki arti bahwa karung kertas tersebut dibuat dari berbagai macam bahan yang aman bersentuhan secara langsung dengan produk dan atau bahan makanan. Karung kertas dengan label food grade digunakan untuk melindungi makanan tersebut dari berbagai macam senyawa atau mikroorganisme yang mampu menyebabkan kerusakan pada produk makanan tersebut. Selain itu, karung kertas tersebut juga harus bebas dari berbagai macam terjadinya reaksi antara material kemasan dengan produk makanan yang dapat membuat makanan tersebut menjadi berbahaya dan atau beracun. Transfer berbagai macam senyawa serta mikroorganisme harus dapat dicegah oleh kemasan food grade.  Hal ini membuat banyak industri karung kertas makanan yang melapisi karung kertas produk mereka dengan berbagai macam material yang dapat mencegah terjadinya transfer senyawa, seperti alumunium foil, plastik LDPE, serta plastik PP.

Kegunaan dari ketiganya hampir sama, yaitu untuk menghalangi terjadinya transfer senyawa (air dan lain sebagainya) serta mikroorganisme untuk masuk ke dalam kemasan dan akhirnya merusak produk makanan. LDPE (Low Density Polyethylen) merupakan salah satu contoh plastik yang digunakan untuk melapisi karung kertas food grade. Plastik jenis yang satu ini dikatakan food grade karena material yang digunakan untuk menyusunnya terkenal sebagai material yang sulit bereaksi dengan berbagai macam senyawa kimia yang mampu menyebabkan kerusakan. Secara fisik, plastik yang satu ini merupakan plastik yang kuat namun tetap fleksibel, tembus bahaya, serta permukaannya tampak berminyak.

Related posts: